4/19/10

LAPORAN PELAKSANAAN LOKAKARYA HUMAS KAMMI SLEMAN

LAPORAN PELAKSANAAN
LOKAKARYA HUMAS KAMMI SLEMAN

PENDAHULUAN


Dalam gerakan kammi, khususnya kammi daerah sleman, humas mengambil peran yang sangat strategis namun belum optimal. Kerja-kerja humas masih sebatas menerbitkan bulletin dan kunjungan-kunjungan. Fungsi membangun opini dan dukungan public hingga rekayasa social-budaya masih belum mampu diampu. Terlebih melihat tim-tim humas kamda maupun komsat yang cukup minimalis dan belum memiliki karya yang diakui public. Demikian halnya kaderisasi dan regenerasi kader-kader yang mengisi pos humas masih terbatas, tidak berkesinambungan, dan kerap kali setiap generasi memulai dari awal. Atas dasar keresahan ini, lokakarya dibuat untuk merumuskan kebutuhan dan strategi/program bersama yang harapannya mampu menginisiasi humas (lembaganya dan kadernya) untuk terus belajar, bereksperimen, dan meningkatkan kualitasnya.

PELAKSANAAN
Lokakarya Humas KAMMI Sleman telah dilaksanakan pada hari Ahad, 18 April 2010 pukul 14.00-17.30 wib, bertempat di Kammiland. Peserta yang hadir berjumlah 11 orang yang berasal dari Komsat UII, Komsat UNY, Komsat UGM, dan Kamda.
PERJALANAN LOKAKARYA
LOkakarya Humas KAMMI Sleman direncanakan akan dihadir 4 dari 5 komisariat yang ada. UII, Instiper, UNY dan UGM telah konfirmasi akan hadir. Komsat UPN tidak ada info yang terang menolak hadir atau akan hadir. Pada saat pelaksanaan yang hadir 3 komisatiat.

Lokakarya baru dimulai pukul 14.00 karena menunggu peserta dan panitia. Pembahasan awal Lokakarya adalah perkenalan peserta lokakarya karena Tim humas kamda adalah  tim baru dan forum humas baru pertama kali ini diadakan. Peserta yang hadir adalah Wibisono (tim humas kamda), Reza Azhari (tim humas kamda), Ami (tim humas komsat uny), Vivit (kadept humas komsat uny), Isti (tim humas komsat uny), Ratih (tim humas komsat uii), Diana (tim humas kamda), Agam (kadept humas ugm), Latifah (tim humas uny), mima (kadept humas uii), dan arif (tim humas kamda).
Pembahasan lokakarya yang pertama adalah tawaran topic komisi dari humas kamda/panitia. Panitia menawarka tiga tema: kaderisasi, kehumasan terhadap media massa, dan pembuatan agenda bersama. Pada awalnya forum mengarah pada pembagian dua komisi dengan membahas dua tema pertama, sedang tema agenda bersam dibahas saat pleno. Atas masukan peserta lokakarya, forum difokuskan membahas satu tema (kaderisasi humas) yang muatannya mencakup persoalan humas, profil humas yang didasarkan kebutuhan humas, standar kopetensi, dan agenda riil untuk mencapainya.
Forum kemudian dibagi dalam dua komisi yang membahas topic yang sama, agar ide dan aspirasi peserta lebih dapat tereksplore. Rapat komisi dimulai pada pukul 14.40an, kemudian dipanding pukul 15 untuk sholat ashar, dan dimulai kembali pukul 15.30an. pukul 16.15 rapat pleno kembali dimulai dengan pemaparan masing-masing komisi. Komisi A dipaparkan oleh Agam sedangkan komisi B dipaparkan oleh Vivit. Secara umum, ada kesamaan gagasan dari kedua komisi tsb.
Pukul 15.20 forum telah mencapai kesepakatan. Kemudian diselingi sedikit pemaparan Echa tentang panduan strategi kehumasan kammi terhadap media massa. Pukul 15.30 forum diakhir.
HASIL LOKAKARYA
Dari sintesa hasil diskusi kedua komisi, didapat hasil sebagai berikut:
1.    Berdasar kebutuhan kerja-kerja humas yang disintesakan peserta, humas kammi membutuhkan profil kader humas:
a.    Memiliki kemampuan menulis dengan baik
b.    Memiliki kemampuan manajemen media cetak dan elektronik.
c.    Mampu membangun dan mengelol jaringan, hingga mengoptimalkannya untuk mendukung gerakan kammi.
2.    Sementara standar kompetensi yang dibutuhkan adalah:
a.    Bias me-lay out dengan baik
b.    Mampu menulis ke media cetak
c.    Bias membangun dan mengelola jaringan tokoh dan isntitusi
d.    Mampu mengoperasikan dan mengelola blog, web site dan sarana internet lainnya
e.    Mampu membuat release yang baik dan cerdas
f.    Dekat dengan wartawan
g.    Memiliki kemampuan public speaking
h.    Mampu memetakan karakter dan ideology media massa
3.    Arah Gerak/agenda bersama
a.    Pembuatan media bersama, dengan arahan:
i.    Sasaran: komunitas kader kammi
ii.    Tim manajemen terdiri atas kamda dan komsat, sebagai sarana pembelajaran, kaderisasi, dan pengembangan skill kader-kader
iii.    Susunan redaksi dirolling setiap edisinya yang terdiri dari kader humas komsat  dengan suprevisi kamda.
b.    Melaksanakan Training Jurnalistik yang diselenggarakan oleh Kamda, dengan muatan:
i.    Diorientasikan untuk membuat tim yang akan mengelola media komunitas kader kammi
ii.    Peserta adalah kader kammi di Sleman, dengan penekanan ‘wajib’ kader humas komsat
iii.    Materi yang disampaikan disesuaikan pada profil dan standar.
iv.    Dilanjutkan dengan follow-up pembuatan media massa (missal Koran komunitas), juga berupa kunjungan ke media, wawancara wartawan, sarasehan jurnalistik, silaturahim tokoh, dll yang menjadi ruang pembelajaran dan pembangunan jaringan komsat.
v.    Tawaran Waktu Training Jurnalistik: 15-16 Mei 2010, jumlah minimal peserta 30 orang. Tim konseptor/SC training jurnalistik terdiri dari komsat dan kamda. Rapat perdana Rabu (21/4) pukul 18.30 @kammiland

PENUTUP
Secara umum, sambutan teman-teman komsat atas acara lokakarya dan hasil yang dicapai cukup baik. Hasil lokakarya ini adalah gerbang pertama untuk sinergisitas kerja tim humas kammi di sleman. Banyak keterbatasan yang terungkap saat berjalannya lokakrya, namun dengan hasil yang dicapai diharapkan ada agenda bersama yang secara komprehensif meningkatkan kualitas kader dan departemen humas kammi komsat ataupun kamda di sleman. Semoga awalan ini menjadi barokah dan perbaikan amal-amal humas yang pada akhirnya memperbesar kapasitas dan jangkauan gerakan kammi. Wallahu’alam.

Yogyakarta, 19 April 2010
Tim Humas Kamda Sleman
(Arif, Dwinda, Diana, Bara, Wibi & Echa)

Seja o primeiro a comentar

Followers

KAMMI DAERAH SLEMAN ©Template Blogger Green by Dicas Blogger.

SIGN IN